Friday, February 22, 2013

Recipe : Bilenthango Fish / Ikan Bilenthango

Hai!
Ini adalah postingan saya mengenai resep masakan. Yang akan saya bahas di sini adalah resep asal dari Gorontalo, kampung halaman ibu saya. Resep ini adalah menu sehari-hari kami di rumah. seluruh isi rumah menyukai ikan bilenthango ini. Yummy!
Bisa menggunakan ikan bandeng, ikan bawal ataupun ikan mas. Tetapi saya lebih sering menggunakan ikan bandeng sebagai utamanya.
 
Bumbu :
- cabe merah
- tomat
- bawang merah
- kemiri (akan menghasilkan rasa gurih)
 
Seluruh bumbu di ulek halus, dan hasilnya seperti ini :
Jangan lupa ditambahkan garam.
 
Ikan :
Persiapkan ikan dengan dibersihkan dan di belah dari bawah perut sampai atas atau sebaliknya, bisa dikatakan belah pipih. Dan dibelah bagian tengahnya sesuaikan dengan besarnya penggorengan nanti. Seperti gambar :
Setelah ikan dan bumbu siap, lalu taburi bumbu di atas ikan secara merata :
Setelah ini, siap di goreng. Masukan dalam minyak panas, sebaiknya minyak yang digunakan cukup banyak, karena cara menggoreng ikan ini, tidak dengan membolak-balikan ikan, tetapi didiamkan dengan penggorengan tertutup. Agar bumbu juga matang, sebaiknya sesekali menyiram minyak panas pada bumbu tersebut. (Bagi yang takut akan gosong separuh dasar bagian ikan, bisa di coba dengan menaruh daun pisang dibawah ikan yang akan di goreng. Atau dengan kata lain daun pisang sebagai alas masak, agar ikan tidak secara langsung terkena penggorengan). Masaklah dengan api sedang agar ikan matang sempurna.
Selamat mencoba ikan bilenthango resep dari Gorontalo, Indonesia!

1 comment:

  1. This looks so yummy! That fish is one of my favorites!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...