Friday, May 17, 2013

Tumpeng Barbie

Saya ingin berbagi cerita mengenai hidangan tumpeng Barbie yang saya persiapkan untuk ulang tahun ke 4 putri saya.
Lauk yang saya hidangkan adalah : Ayam goreng bumbu kuning, Tempe orak-arik, Telur dadar daun bawang, Sambal goreng kentang, Sosis sapi, Lalapan, Sambal tumis, kerupuk udang. Dan sebagai tambahan dari orang tua saya adalah rendang.
Persiapan tumpeng; Siapkan daun pisang dan tampah sebagai alas tumpeng. Sesederhana ini yang bisa saya buat. Setelah daun pisang di bersihkan, potong membentuk persegi panjang dengan ukuran disesuaikan selera, kemudian di lipat membentuk segitiga. Gunakan strapless untuk mengaitkan segitiga yang satu dan yang lainnya.
Resep nasi kuning :
Siapkan beras, beras ketan, santan dari kelapa peras, daun salam, sereh, kunyit yang di parut dan garam. Cuci beras dan beras ketan. Lalu campurkan dengan santan dan kunyit parut. Masak menggunakan dandang dan di aduk, setelah itu di kukus. Disaat sudah matang dan nasi kuning dalam keadaan panas, masukkan ke cetakan tumpeng. Cetakan tumpeng yang saya gunakan berbentuk rok barbie. Setelah tumpeng siap, tusukan boneka barbie setengah badan (di jual pada toko peralatan kue), dapat ditusukan saat cetakan nasi kuning panas maupun dingin.

Resep ayam goreng bumbu kuning :
Yang pasti harus ada adalah ayam. Selanjutnya siapkan bumbunya yaitu bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun jeruk, sereh, kunyit, ketumbar. Seluruh bumbu diulek halus. Ayam yang sudah dibersihkan selanjutnya diungkep bersama bumbu tadi, hingga bumbu meresap dan air ungkepan berkurang. Setelah itu ayam siap di goreng.

Resep tempe orak-arik :
Siapkan tempe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, kecap manis.
Potong tempe seukuruan 0,5cm x 3cm lalu goreng sampai benar-benar kering. Seluruh bumbu yang ada di iris. Panaskan minyak, masukkan bumbu hingga harum, lalu masukkan kembali tempe yang sudah di goreng sebelumnya tadi. Masukan garam dan kecap manis sesuai selera. Untuk tambahan, perbanyak bumbu agar menguatkan rasa.

Resep Telur dadar daun bawang :
Ini merupakan resep yang pasti semua orang sudah tau, hehe. Hanya membuat telur dadar dengan potongan daun bawang pada saat mengocoknya. Gunakan sedikit margarin, agar hasilnya lebih enak.

Resep Sambal Goreng Kentang :
Siapkan kentang yang di potong dadu, telur puyuh secukupnya. Untuk bumbu, siapkan cabe merah keriting, cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
Goreng kentang hingga matang, rebus telur puyuh hingga matang, lalu kupas kulitnya dan goreng kembali. Bumbu yang telah disiapkan, di ulek halus.
Panaskan minyak, masukan bumbu hingga matang. Lalu campurkan kentang dan telur puyuh, aduk rata sampai rasa yang pas dengan selera.

Begitulah kira-kira tumpeng Barbie yang saya siapkan. Semoga cerita saya ini bermanfaat :)


3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...