Saturday, June 22, 2013

Cimory Resto and Milk - Cisarua, Bogor

 Hari jumat, 21 Juni 2013, saya berkesempatan menemani Aqila dalam acara akhir tahun pelajaran 2013 dari sekolahnya. Kegiatan kali ini mengunjungi Cimory Resto and Milk di Cisarua - Bogor. Sekitar pukul 6 pagi kami berkumpul di tempat yang ditentukan oleh pihak sekolah. Setelah absen
dan semua murid lengkap, kami pun berangkat menuju Cimory ^^
 
Perjalanan menuju Cimory dari Jatibening ditempuh dalam waktu hampir 2 jam. Perjalanan tidak ada kendala yang berarti, hanya sedikit kemacetan ketika pintu keluar tol menuju Cisarua. Akhirnya tibalah kami di Cimory.

Sesampainya di Cimory, anak-anak di beri pengarahan tentang apa saja yang akan mereka lakukan selama di sana. Anak-anak dari TK-At taqwa berkesempatan mengikuti program seperti yang tertera pada website Cimory. Konsep program ini adalah untuk memperkenalkan asal usul macam-macam produk susu, mulai dari peternakan sampai proses pengolahan menjadi susu siap minum atau yang disebut sebagai ‘grass to glass’. Pada program interaktif ini, anak-anak tidak hanya mendapatkan pengetahuan teori melalui film yang berjudul ‘from cow to milk’ tetapi juga mendapat pengalaman seru yaitu memberi makan dan memeras sapi di Cimory Mini Farm yang mereka kelola. Selain itu anak-anak mendapatkan paket makan siang dari program tersebut.
Setelah pengarahan selesai, anak-anak mendapat kesempatan untuk minum segelas susu gratis. Kali ini susu yang Aqila minum tidak dihabiskan karena terlalu manis rasanya untuk dia hehe..
 
Program berlanjut menuju kandang sapi. Sebagai catatan hanya anak-anak atau yang sudah membayar untuk mengikuti program yang dapat masuk ke kandang sapi untuk memberi maka dan memeras sapi. Jadi, bagi para orang tua hanya bias mengantar sampai gerbang kandang sapi. Seperti yang dikatakan pada saat pengarahan acara dari kandang sapi sampai dengan acara makan siang akan selesai dalam waktu kurang lebih 2 jam. Jadi bagi para orang tua yang mengantar, dapat menikmati makanan/minuman di resto Cimory.
Anak-anak berinteraksi langsung memerah susu dan memberi makan sapi. Sayang sekali, saya tidak dapat mendokumentasikan kegiatan tersebut. Setelah selesai dan membersihkan diri, anak-anak segera menikmati makan siang yang telah disediakan oleh Cimory. Untuk paket makan siang dari program tersebut, dapt di klik di sini. Acara menonton film adalah penutup dari rangkaian program Cimory. Ruangan film ini berada di lantai atas, dan film yang di putar merupakan proses bagaimana susu terbentuk sesuai dengan judulnya "from cow to milk".
Sebagai kenang-kenangan di akhir acara, Cimory memberikan susu segar kepada anak-anak. Susu segar ini hanya bertahan 5 jam pada suhu biasa, tetapi dapat bertahan 1 minggu pada suhu kulkas.
 
Sebagai cacatan saya, ada beberapa hal sebagai masukan kepada Cimory. Sebaiknya sarana bermain dan edukasi ditambah. Karena yang ada sekarang, sangat minim dan kurang informatif. Untuk makanan memang terpaku hanya pada makanan dan minuman olahan dari sapi dan susu saja, sehingga menu kurang variatif.
 
Semoga cerita ini bermanfaat dan menjadikan anak Indonesia kaya akan wawasan. Terima Kasih--

 
 
 
 
 
 
 

1 comment:

  1. tempatnya enak banget ya buat anak kecill :D mungkin kpn2 kesana ama sepupu ;3

    visit my blog ^^
    www.luchluchcraft.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...