Thursday, January 31, 2013

I want to go to France, mom

Aqila take my red hat that I bought in Bali. then, she took a pink bag and my blue scarf. After that, she started singing and dancing.
She is sang an Indonesian singer named chakra khan (harus terpisah), aqila sing that song by  turning it into the english language. And guess what? the lyrics, she made it by her self. Funny!
Haha, really amused to hear that. :D
After tired, Aqila asked me :
"mother, aqila want to go to France, this is my style when I go there. I want to see Eiffel tower like on Barbie movie"
"prior to France, would you like take some picture of me ?"
hahaha... x)


Then I took the camera and began to photograph her...



When shooting aqila, my sister named Tatsa came. She also wanted to photo with aqila. :) 
Hehe, nice day between mother, daughter and aunt. ^^
Insya Allah, Amen \(' ',)/




Sunday, January 27, 2013

Study With Statue

Yup, as a toddler. According her age, many things she wanted to explore. all the things that unique and interesting, she would immediately want to try. It is good for her brain development and motoric skills. And as parents, we should assist, supervise and create a better learning environment for our children.
Whatever we do, may be useful for our children. Amen. :)
 
Like now, 
aqila saw a child and a father (who was reading a book) and they are statues. Aqila immediately ran to the statues. Then she told me, "mom, would you like to take my picture with them, please? 
"Sure, baby.. " i replied. :)
 
at Mall Of Indonesia


Tuesday, January 22, 2013

Kacamata Lucu - Kacamata Unik

Awalnya gimana ya?
saya juga bingung kenapa tiba-tiba tertarik dengan kacamata lucu atau kacamata unik. Jadi, mulailah saya hunting kesana-kemari, nyari yang super lucu dan unik. eh..eh.. ternyata susah loh dapetnya. Karena kriteria kacamata yang saya cari bukanlah kacamata hitam, tapi kacamata yang buat gegayaan aja :p
Pencarian kacamata ga cuma di ol shopping, tapi tiap ngemall juga, lirik kanan kiri, kali-kali aja ada yang nyantol di hati. Di dukung suami saya yang juga "kayaknya" seneng sama kacamata lucu or kacamata unik. Ga tau beneran atau perasaan saya saja tuh,hehe.
lambat laun pencarian pun membuahkan hasil.
Kacamata pertama ketemunya di mall, sebenernya ga masuk kriteria lucu juga sih, cuma ya hampir lucu. bentuk framenya membuat si pemakai tampil sedikit konyol sih. Ini dapetnya di kacamata korea Mall of Indonesia, dan ternyata ada ols nya juga. Coba browsing, tapi ternyata kacamata ini ga ada, hehe berasa deh eksklusifnya :p
Harganya Rp.180 rebu. Lumayan deh, oia ini kaca nya juga bisa di ganti sama yang minus. Selain itu warna framenya yang cokelat susu, jadi ya makanya saya jatuh hati melihatnya. Kalo kata suami, cocok sama bentuk muka saya yang di bilang oval tapi tidak oval, jauh dari lonjong dan bukan muka bulat. (loh? jadi bentuk muka apa ini..) yang penting suami mau beliin deh, no worries. Eh lagi nih, ternyata anak saya lebih lucu lagi kalo pakai kacamata ini. Suer deh! hehe.
maaf, saya agak lebay bergaya --"
Next. 
Dapet kacamata yang satu ini di ols yang namanya berrybenka, uh uh lucu deh yang satu ini. Merknya M.Y.L tom glasses. unik! bentuk kacanya yang bikin saya jatuh hati, harganya pun lebih murah (dikit) dari yang pertama saya beli, Rp.149rb. Ada dua pilihan warna nih, full hitam atau gagang merah. Saya cari yang ga mau biasa, jadilah saya ambil yang gagang merah. penampakannya begini :

Kalo udah dipake makin keliatan lucunya nih :

lucu ya..ya..ya..

Next.
Ketemu beberapa ols yang jual berbagai macam kacamata lagi, salah satunya di sini. Nanti review nya kalau dapet yang lucu-lucu ya (belum beli di sini :p) karena di dominasi kacamata yang hitam.
Next.
Akhirnya ketemu lagi yang lucunya kebangetan! ini hasil browsing yang sabar dan tak berkesudahan. Membuahkan hasil yang unik dan lucu berbarengan deh. Mau beli juga? disini. Dijamin deh pasti suka! Ini proses pembuatannya unik, pakai bubur kertas. Dan memang tujuan kacamata ini bener-bener bukan untuk dipake jalan-jalan seharian sih, yah kalo mau boleh aja, palingan diliatin orang-orang :P
Soalnya ini ga pake kaca. Dan lucunya lagi bisa custom sesuai keinginan kamu, tapi silahkan dikira-kira saja yang pasti ada lingkaran untuk keliling mata kamu. Nah, kebetulan dapet yang se-unik ini, saya langsung pesan 3pcs. Yang pertama model kucing, model bentuk hati, dan yang terakhir saya custom. Bentuknya? nama saya sendiri "ella". Untuk pemilihan warnanya saya serahin ke ahlinya saja. Percaya pasti bagus. Setelah beberapa kali email dan sms'an, jadilah proses pembuatan. Dari waktu pembayaran sampai akhirnya barang saya terima adalah 1 minggu. Oia, untuk harganya, paling oke di kantong,hehe. Rp.30rb-35rb saja. :)
seneng banget kan dengernya..

Ini progres pengerjaannya (sebelum di cat).
(setelah di cat).

Nah, ini penampakan saat dipakai ^^




Yah begitulah kira-kira review pencarian awal saya dengan kacamata lucu dan unik. Kalau ada yang punya info, boleh di sharing. Ada di blognya mba diana tuh, wah kacamatanya super lucu dan unik semua. Mau tanya beli dimana, tapi masih mikir-mikir.. hehe, sksd banget nanti katanya ya. Malu ah!
Terima kasih

Sunday, January 13, 2013

Preparation #1 : aqila turning to fourth year

Preparation for aqila fourth birthday.

Hehe, beginilah saya, atau mungkin kebanyakan ibu-ibu yang full time di rumah. Tidak banyak yang saya kerjakan dirumah, membuat saya mulai berpikir mengenai tema ulang tahun untuk aqila yang sebenarnya masih 4 bulan lagi ^^
siapa bilang itu sebentar lagi?
itu masih lama ya bo! haha, tapi itulah saya bilang, beginilah ibu-ibu yang bukan wanita karir. :p

Pertama yang saya lakukan adalah menentukan tema. Saya dan aqila memutuskan berdua mengenai tema apa ya untuk ulang tahun aqila insya Allah? Secara si ayah adalah orang yang "iya-iya" saja jadi pasti apapun tema yang kita pilih, dia setuju saja. Enak juga sebenarnya kalau begini, keputusan bebas kami buat, tapi terkadang kalau sudah mentok, ga bisa jadi bala bantuan berpikir juga tuh si ayah. hihi.

Akhirnya tema diputuskan. Saya dan aqila memilih minnie mouse. Sebagai pertimbangan, aqila menyukai princess tetapi tema itu sudah dipakai untuk perayaan ulang tahun nya ya ke tiga, seperti bisa dilihat disini. Maunya tema tetap girly dan pink, so Alhamdulillah aqila setuju. Simpel, jadilah minnie mouse.

Kedua, saya mulai browsing. Saya mencari goodie bag, kue ulang tahun, undangan, kostum aqila yang sesuai dengan tema yang sudah kami sepakati. Sudah ada beberapa ide untuk persiapan ulang tahun aqila. Berikut ini (kayaknya) yang insya Allah akan jadi partner dalam mewujudkan ide saya dan aqila ^^
- Untuk goodie bag, saya percayakan ke langganan saya. Sudah pernah sebagai goodie bag ulang tahun aqila ke tiga.
- Isi an nya. Kalau untuk isiannya, saya memutuskan bersama sang ayah, bahwa harus yang berguna (kalau barang) atau yang sehat (kalau makanan). Saya pun memilih ke sini. Nanti disesuaikan dengan tema minnie mouse sebagai bentonya. Begini kira-kira penampakannya :
mungkin nantinya fokus dengan minnie mouse nya saja
- Kue ulang tahun. Banyak banget pilihan untuk kue ulang tahun dan pastinya untuk bentuk minnie mouse hampir semua bisa membuatnya. Tetapi karena pertimbangan jarak pengantaran kue yang dekat, saya pilih pesan disini. Bentuk kue dan cupcake yang pernah di buat hasilnya (sepertinya) memuaskan. Selain contoh kue yang jadi sesuai dengan harapan saya, harga yang ditawarkan pun sesuai dengan budget. Semoga rasanya juga ya.. Saya rencana memesan kue ulang tahun yang tidak begitu besar, jadi nanti untuk teman-teman aqila akan dibagikan cupcake mini saja.
dua foto terakhir adalah yang paling saya sukai untuk kue ulang tahun dan cupcake mini nya.
- Undangan. Disini yang seru! rencananya, saya akan membuat sendiri undangan untuk teman-teman sekolah aqila. Jumlah teman undangan adalah 68 anak. wow..banget kan jumlahnya? yah begitulah, karena memang kalau ada perayaan ulang tahun di sekolah, semua anak harus di undang, dari playgroup, tk A, dan tk B. hehe. Rancangan undangan saya adalah berbentuk kepala minnie mouse. Yang insya Allah nanti jadinya seperti ini
 - Kostum si birthday girl. Biasanya acara ulang tahun diadakannya setelah selesai sekolah, jadi kayaknya ga perlu ganti kostum, hanya saja aqila nanti saya pakaikan mahkota bertelinga minnie mouse, yang dulu kami beli di acara disney on ice tahun 2012.
ini penampakan mahkotanya, yang nantinya akan saya tambahkan pita pink (jika memungkinkan)
Doain ya semoga semua berjalan sesuai rencana ^^
nanti di review lagi ya kalau semua sudah mulai menampakan wujudnya, hehe.
thank you-
^^


Tuesday, January 8, 2013

Tempe kecap cabe hijau


Ini adalah salah satu resep sederhana asli Indonesia yang menjadi salah satu favorit saya. Biasanya kalau sudah mentok dan bingung mau masak apa, pasti menu ini jadi akhirnya. Saya sama sekali ga pernah bosen dengan tempe! apalagi di kecap plus cabe hijau... hmmmm yummy!



resep :
-Tempe. Biasanya di keluarga saya, tempenya di potong dadu alias kotak-kotak, ini sebenarnya sesuai selera saja. yang penting tempe nya yang masih fresh ya..




bumbu:
- Cabe hijau
- Bawang merah
- Bawang putih
- Lengkuas (dikeprek)
- Kecap manis
- Garam






Cara pembuatan :
Goreng tempe yang sudah di potong dadu, sampai keemasan dan terlihat renyah cukup renyah. Angkat dan tiriskan.

Panaskan kembali minyak goreng secukupnya dan tumis seluruh bumbu (kecuali kecap manis dan garam). Setelah harum, masukan tempe yang sudah di goreng tadi ke dalam tumisan, aduk hingga rata. Kemudian taburi garam dan kecap manis sesuaikan dengan selera. Aduk kembali hingga bumbu meresap dan matang sempurna.
Selesai ^^  So easy isn't ?



Let's enjoy!



Monday, January 7, 2013

Letter for Grandma

This is the mailing envelope for my mother-in-law a.k.a Aqila's grandma. And i asked Aqila to write on. I spell out each letter she had written. The first obstacle is aqila not know the letter N. So, i made a point to point for helped her. Second, letter K. haha, see what happend? yap, she also didn't know :p At least, she know another letters. And for  addition, she made drawings that resemble her grandma.. lol, she really said. There are buttons on the dress, true of the dress her grandmother always used a.k.a house dress (daster). hehe. 

Sunday, January 6, 2013

Resep Gorontalo : Tilumithi - ikan Kembung tumis ala mama

     Ikan kembung banjar dibersihkan (di balur jeruk nipis dan garam)
    Bahan-bahan :
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Kemiri
  • Kunyit
  • Daun salem
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Cabai merah keriting
  • Tomat
  • Sereh (di keprek)
  • Daun jeruk (di keprek) 
   Bahan tambahan :
  • Daun bawang 
   Cara pembuatan :

Ulek sampai halus seluruh bahan diatas. Lalu tuang sedikit minyak goreng untuk menumis seluruh bahan yang telah di ulek. Ketika sudah harum, masukan air hangat secukupnya (sesuai kadar kuah yang dinginkan), saat air sudah mendidih, langsung masukan ikan kembung. Untuk pematangan ikan maksimal, api kompor yang digunakan sedang dan masakan di tutup. Cicipi, sesuaikan selera dengan garam yang diinginkan. Setelah siap diangkat, masukan daun bawang.


it's wrap !




Thursday, January 3, 2013

Aqila Do That #3

can u describe this picture ? :)



Aqila say this picture is a large ship with Eric on it. with mermaids ( Ariel's familiy ) in the sea. 
And the sun shines so brightly. :D

You can see another Aqila picture in here and here #2



Wednesday, January 2, 2013

Food Combining : Balancing Acid/Alkaline Foods - Menyeimbangkan Asam/Basa Makanan

Food combining sebenernya bukan cara baru buat menurunkan berat badan, Pola makan dengan aturan seperti ini sudah pernah dijalankan sekitar 2000 tahun yang lalu oleh suku Esseni yang hidup di wilayah Palestina. Dan sekarang orang banyak mengenal Food Combining sebagai pola makan Fit for life. Nah kita kenalan dulu sama yang punya Food Combining nih namanya AS, Dr. William Howard Hay seorang ahli bedah. Dr Hay ini yang mempopulerkan Food Combining ke masyarakat di jamannya dulu, dia melakukan diet Food Combining ini setelah dia bebas dari penyakitnya dan dia menjalankan program diet ini selama 3 bulan. Selama 3 bulan menjalankan program diet ini dia tidak lagi menderita penyakit ginjal kronis, tekanan darah tinggi, pembengkakan jantung dan berat badannya ikutan susut alias turun sebanyak 100 kg.

PRINSIP FOOD COMBINING
Food combining sebenernya mengikuti standar pola makan 4 Sehat. Cuma saja, food combining mempertimbangkan juga efektivitas penyerapan zat gizi dan zat fitokimiawi gizi dalam makanan. Makanya, asupan makanan diatur mengikuti siklus alami tubuh. Hal yang paling menonjol dalam food combining adalah kita tidak disarankan menyantap nasi, lauk-pauk, sayur, dan buah sekaligus dalam satu jam makan.
Pada dasarnya, inti dari food combining mencakup empat hal.

Pertama, kita disarankan mengkonsumsi makanan segar dan alami, serta menjauhi makanan yang telah diproses. Sayuran dan buah segar menjadi bagian utama menu sehari-hari. Sekalipun demikian, jangan takut kelaparan, karena kita dibebaskan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat, yang bisa membuat kenyang. Lauk-pauk sumber protein, yang bermanfaat pula meningkatkan kegurihan hidangan, tidak boleh diabaikan.
Yang tidak disarankan adalah makanan olahan, karena tidak lagi alami. Seperti makanan kalengan, makanan awetan (sawi asin, manisan buah, abon), dan makanan mengandung food additives (MSG, pewarna sintetis). Kecuali tempe dan yogurt, karena kandungan senyawa fitokimiawinya justru menjadi makin kaya setelah mengalami proses pengolahan. Beras putih slip yang mengalami proses pemucatan, penambahan esens (biasanya esens pandan), dan pengasapan pengawetan tidak disarankan. Paling baik mengkonsumsi beras merah, boleh juga beras putih tumbuk.

Kedua, food combining menegaskan pentingnya menyantap kombinasi makanan mengikuti siklus alami metabolisme tubuh. Berbeda dari kebiaasan selama ini yang hanya mementingkan mendapatkan energi dari asupan makanan, dengan makan semuanya sekaligus secara campur aduk.
Pengaturan kombinasi makanan membuat tubuh lebih hemat menggunakan energi untuk memproses makanan. Dampaknya, tubuh menjadi lebih bugar dan bertenaga. Penghematan penggunaan energi ini juga bermanfaat menghambat kerusakan sel akibat ekploitasi sel dan organ tubuh secara berlebihan. Inilah salah satu alasan mengapa orang-orang yang menerapkan pola makan food combiningumumnya tampak bugar dan awet muda. (Faktor lain, karena mereka banyak mengkonsumsi serat alami dari sayuran dan buah-buahan segar yang juga kaya antioksidan.)
Pengaturan kombinasi makanan penting untuk meningkatkan efektivitas proses pencernaan makanan. Setiap jenis makanan, baik sumber karbohidrat, sumber protein, sayuran, maupun buah, memerlukan enzim pencernaan berbeda. Jika makanan disantap bersamaan atau hampir bersamaan, maka proses pencernaan tidak berjalan efektif, sehingga banyak zat gizi dan zat fitokimiawi nirgizi yang terbuang.

Ketiga, food combining mementingkan keseimbangan asam-basa tubuh. Kesimpulan serangkaian penelitian menyebutkan proses pencernaan makanan berjalan paling efektif jika jaringan tubuh dan darah (bukan lambung) dalam kondisi netral cenderung basa, dengan pH 7,35 – 7,45. Jika tubuh dalam kondisi asam, kita menjadi mudah kembung dan diare.

Keempat, food combining tidak memerlukan takaran konsumsi makanan. Kita bisa makan dalam jumlah lebih bebas, sejauh kombinasinya serasi. Sebagai sarana berdiet, baik untuk mencapai berat badan ideal, diet penyakit, maupun untuk mencapai kesehatan prima, food combining sangat mudah dipraktekkan oleh awam sekalipun. Bekal utama yang paling diperlukan hanyalah kiat makan dengan kombinasi makanan yang serasi.

SIKLUS ALAMI TUBUH
Tubuh melakukan tiga aktivitas pengelolaan asupan makanan secara simultan selama 24 jam, yang meliputi mencerna makanan, menyerap sari makanan, dan membuang sampah makanan. Namun aktivitas tersebut tidak giat dalam periode waktu bersamaan. Masing-masing memiliki masa aktif berbeda, sehingga membentuk rantai kerja dalam siklus alami yang sambung-menyambung.
Sejak pukul 04.00 dini hari hingga 12.00 tengah hari, tubuh giat membuang sampah makanan. Sebagian besar energi tubuh terpakai untuk melakukan proses tersebut. Agar energi tubuh sepenuhnya tercurah untuk proses pembuangan, sepanjang waktu tersebut disarankan tidak mengisi perut dengan makanan berat. Sarapan berupa sumber karbohidrat (nasi, roti), sayuran, dan lauk-pauk hanya akan menyita energi tubuh, sehingga proses pembersihan sampah makanan terhambat.
Santap buah-buahan segar atau minum jus buah segar tanpa tambahan apapun sebagai menu sarapan maupun kudapan sepanjang rentang waktu tersebut. Selain tidak butuh proses pencernaan lama (10 – 45 menit), buah segar menyediakan sumber energi siap pakai. Boleh buah apa pun, kecuali durian, nangka, cempedak. Hanya saja, melon, semangka, blewah, hamigua, dan buah jenis Cucurbitaceae sebaiknya tidak dimakan bersama buah lain, karena proses pencernaannya sangat singkat.
Pukul 12.00- 20.00 merupakan rentang waktu bagi tubuh untuk menjalankan fungsi mencerna makanan. Inilah saat paling tepat untuk mengisi perut dengan makanan yang proses cernanya berat dan lama, yakni sumber karbohidrat, sumber protein (hewani maupun nabati), dan sayuran. Waktu cerna karbohidrat 3 jam, protein 4 jam, dan sayuran 2 jam. Sementara waktu cerna lemak 6 – 8 jam. Karena itu, lemak sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas, agar tidak mengganggu proses pencernaan makanan lain yang waktu cernanya lebih singkat.
Namun mengingat proses pencernaan makanan paling efektif akan berakhir pukul 20.00, makan malam hendaknya sudah selesai satu jam sebelumnya. Agar pada pukul 20.00 - 04.00 dini hari, tubuh dapat menjalankan fungsi penyerapan sari makanan dengan baik. Jika kita telat makan, penggunaan energi tubuh yang sedianya terpusat pada proses penyerapan sari makanan akan terbagi untuk mencerna makanan. Akibatnya, tubuh akan memboroskan energi dan menyia-nyiakan sari makanan.
Makan tengah malam dengan menu komplet (sumber karbohidrat, sumber protein, dan/atau sayuran) akan mengacaukan siklus alami tubuh. Proses penyerapan sari makanan akan tertunda, karena tubuh harus berbagi energi untuk mencerna makanan yang datang tidak pada waktunya. Kekacauan siklus alami ini dapat mengakibatkan ketidaknyamanan di pagi hari, seperti buang air besar tidak lancar, perasaan gelisah, kurang bersemangat.
Jika merasa lapar pada malam hari, usahakan menyantap makanan yang tidak membebani proses alami tubuh. Buah-buahan segar bisa menjadi pilihan. Untuk mendapatkan rasa kenyang yang mantap, kita bisa makan pisang segar (bukan pisang rebus/goreng). Boleh ditambah yogurt dengan tambahan madu. Bisa juga buah, yogurt, dan madu diblender hingga menjadi lassie atau smoothie, jus dengan tekstur kental dan pekat.
Selain pada periode pembuangan (pukul 04.00 – 12.00), buah-buahan segar atau jus buah segar tetap boleh dinikmati di luar waktu tersebut. Namun hendaknya disantap 45 -60 menit sebelum tiba saat makan berat, agar proses pencernaan buah sudah akan selesai begitu tubuh harus mulai mencerna makanan berat. Food combining tidak mendukung konsumsi buah setelah makan berat seperti yang selama ini kita lakukan.

KESEIMBANGAN ASAM-BASA TUBUH
Kesehatan tubuh bisa tetap terjaga jika pH jaringan dan pH darah bersifat netral cenderung basa. Untuk mempertahankan kondisi tersebut, pengaturan asupan makanan mengikuti pola makan food combining memegang   peranan utama. Yakni dengan mengkombinasikan antara makanan pembentuk asam dengan makanan pembentuk basa, sehingga masing-masing dapat saling menetralkan.
Sifat sebagai pembentuk asam-basa ini tidak berhubungan dengan rasa bahan makanan. Sebagai contoh, sekalipun rasanya asam, air jeruk lemon/nipis merupakan cairan pembentuk basa, bukan pembentuk asam.
Demikian pula dengan buah-buahan matang yang rasanya asam, seperti jeruk bali, nanas, stroberi, kiwi. Secara umum, sayuran merupakan makanan pembentuk basa. Sementara sumber karbohidrat dan sumber protein merupakan makanan pembentuk asam. Untuk mendapatkan kombinasi makanan serasi, sehingga tercipta pH tubuh netral, secara gampang kita bisa berpegang pada pola kombinasi asam-basa berupa makanan sumber karbohidrat + sayuran atau sumber protein + sayuran.
Dengan berpedoman pada pola demikian, akan mudah bagi kita untuk menyusun menu makanan sehari-hari atau memilih makanan yang tersedia di hadapan kita tanpa harus berpantang. Kombinasi makanan serasi tersebut bisa ditukargantikan untuk dinikmati baik pada saat makan siang maupun makan malam. Namun hendaknya dalam sehari bisa terisi dengan kedua kombinasi tersebut, agar tubuh cukup mendapatkan kalori, protein, dan mineral. Hanya jika terpaksa kita bisa menggandakan salah satu kombinasi dalam sehari. Misalnya, menyantap kombinasi karbohidrat + sayuran pada saat makan siang maupun makan malam. Hal ini masih lebih baik daripada makan hidangan dengan kombinasi tidak serasi.
Ada pengecualian untuk sumber protein berupa tempe dan tahu. Fermentasi tempe dan proses pengolahan kedelai menjadi tahu telah memecah ikatan proteinnya, sehingga protein tempe-tahu mudah dicerna. Karena itu, tempe dan tahu bisa disantap bersama dengan sumber karbohidrat. Demikian pula dengan kedelai, karena merupakan makanan pembentuk basa.
Kombinasi sumber karbohidrat + sumber protein, misalnya nasi dan rendang, merupakan kombinasi makanan yang tidak serasi. Soalnya, keduanya merupakan makanan pembentuk asam, sehingga dapat makin meningkatkan   keasaman tubuh. Dalam pengertian awam dengan bahasa yang lebih sederhana, food combining tidak membenarkan karbohidrat ketemu protein. Pasangan ideal bagi karbohidrat maupun protein adalah sayuran.


sumber : mizzdiet






PANDUAN POLA MAKAN FOOD COMBINING
Sederhananya :
  •  Menu buah-buahan
  • protein (hewani) + sayur
atau
  • Karbohidrat + sayur 
  • Air putih 2 liter per hari (minum 1 jam sekali, jangan tunggu hingga haus), indikator air minum kurang adalah urine berwarna) 
sumber tambahan : erykarlebang 

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...