Saturday, November 22, 2014

Prepare for 6th Birthday : (Frozen Theme Invitation) #part 1

Udah lama banget ga iseng-iseng bikin sesuatu yang bikin ngesampingin gadget hehe. Secara jaman sekarang apa-apa megang gadget dan itu bikin mata gue makin minus nanti :p Jadilah kali ini sambil mengkhayal-khayal mau bikin sesuatu yang sedikit bermanfaat dan sebagai ibu rumah tangga yang kerjaan cuma ngurus anak, gue bikin undangan ulang tahun (yang Insya Allah) haha pasti diketawain nih sama suami, karena masih lama ulang tahun aqila! xp

Gue yang hapal banget kalo anak-anak jaman sekarang pada excited sama film Frozen, ga terkecuali aqila, jadi wajar banget dia selalu mengharapkan ulang tahun pake baju ala-ala elsa. Setelah banyak liat-liat dan cari inspirasi, seperti ulang tahun aqila yang ke-4 kemaren (bisa dilihat disini), gue mencoba untuk kedua kalinya bikin undangan ulang tahunnya sendiri. Walaupun hasilnya nanti kurang oke, mudah-mudahan yang terpenting bisa nyenengin aqila dan (barangkali) temen-temen aqila nantinya. ^^

Langsung aja yuk!
Gue berencana membuat undangan berbentuk istana. Jadi gue bikin dulu istana tsb di karton yang cukup tebal, yang nantinya untuk mencetak pola di karton biru.
Yang perlu disiapkan :
  1. gunting
  2. lem kertas, lebih bagus lagi kalo punya lem tembak
  3. karton biru, karena frozen identik dengan biru
  4. pita meteran, gue pilih warna silver
  5. snow puncher, ini sih additional aja ya, ga harus. Biar lebih masuk aja tema nya

Setelah membuat pola istana di karton tebal (gue menggunakan karton bekas dus aqua gelas), selanjutnya pola istana tersebut di cetak ke karton biru, kemudian digunting sesuai pola.


Kemudian lipat bagian sisi kanan dan kiri, kurang lebih 7,5 cm (berbatasan antara atap istana tinggi dan atap istana yang rendah), bagian lipatan tersebut adalah sebagai sampul depan dari undangan yang gue buat. Lalu siapkan pita silver (atau warna apapun sesuai selera), potong pita sekitar 12cm atau sesuaikan dengan ukuran istana yang di buat. Setiap undangan membutuhkan sepasang pita, yang digunakan untuk pengikat atau penutup dari sampul depan undangan ^^


Lalu eratkan pita tersebut di kedua sisi pintu istana/sampun depan undangan yang sudah dibuat. Saran gue, untuk memudahkan adalah :
  • Dahulukan menulis isi dari undangan yang akan dibuat, kalau gue rencananya akan membuat nya bukan dengan tulisan tangan, tapi print out yang akan gue buat sebelumnya. Di sini belum gue putuskan dengan kata-kata seperti apa, tapi yang pasti sesuai juga dengan tema frozen ^^
  • Pita yang ada sebaiknya di ikat satu sama lain terlebih dahulu membentuk simpul pita, baru di lem di sisi kanan dan kiri sampul undangan.
  • Lebih baik menggunakan lem tembak, karena hasilnya akan merekat lebih kuat.
ini adalah tema frozen dengan istana sebagai undangan ulang tahun

detail pita yang gue gunakan
Dan pouncher yang di awal tadi gue sebutkan gunanya adalah untuk hiasan berbentuk salju pada sampul depan undangan. Selesai :)

Walaupun hasilnya masih minimalis banget, ide undangan ini masih gue kembangkan, karena gue belum puas banget sama hasilnya ini. hehehe.
Thank you semua yang udah mampir baca DIY gue kali ini.

wassalamualaikum





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...