Saturday, March 14, 2015

Ayam Tangkap Aceh

Satu hal yang jangan dilewatkan jika berkunjung ke Aceh adalah ayam tangkap aceh. Gue yang sebenarnya bukan pemakan ayam, ga tahan juga untuk ga ngicip, hehe..





KENAPA NAMANYA AYAM TANGKAP?
Karena ayam yang tersaji di atas piring, tertutup oleh banyaknya daun-daunan yang juga bisa di makan tetunya. Jadi seolah-olah si ayam tersebut, ngumpet di semak-semak dan kita yang mau makan, ya harus tangkap :)
Kali ini gue sekalian mau share resepnya ya..

Resep Ayam Tangkap Pedas Nikmat Khas Aceh -
Restaurant atau rumah makan yang cukup terkenal untuk masakan yang satu ini, seperti Ayam Tangkap Blang Bintang, Tangkap Atjeh Rayeuk atau Ayam Tangkap Senopati. Tetapi bisa dibilang bahwa masakan satu ini masih kurang populer dan agak sulit ditemukan penjualnya dibandingkan dengan misal nya ayam goreng pop, atau ayam goreng bumbu. Untuk itu bila bunda ingin mencoba Resep Ayam Tangkap Pedas Nikmat Khas Aceh saya akan memberikan resep untuk membuat nya.
Resep Ayam Tangkap ini juga bisa menjadi solusi yang tepat bila keluarga anda jika sedang kurang nafsu makan karena masakan yang itu-itu saja. Langkah- langkah dan Cara Membuat Ayam Tangkap sebagai berikut ini :

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
800 gr ayam kampung, potong menjadi ukuran yang lebih kecil
100 gr bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 ptg asam sunti , rendam terlebih dahulu dengan sedikit air hingga berubah menjadi lunak
3 cm jahe, cuci dan kupas terlebih dahulu
10 btr merica, atau bisa juga menggunakan merica bubuk
3 btg serai, memarkan
50 gr gula merah, iris halus
6 lbr daun jeruk purut
1/4 ltr air
Minyak secukup nya
Garam Secukup nya
Bahan untuk rempah Ayam Tangkap :
10 lbr daun pandan segar, iris halus
2 btg serai, ambil putih nya saja
2 siung bawang putih
10 lbr daun salam
Cabe Hijau secukup nya, iris tipis
100 gr bawang merah, iris tipis
5 lbr daun kunyit

Cara memasak Resep Ayam Tangkap Pedas Nikmat Khas Aceh :
Terlebih dahulu haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, merica, asam sunti dan beri 1/2 sdm garam. Kemudian ambil wajan ukuran sedang dan masukkan gula merah sebanyak 50 gr, batang serai, daun jeruk dan bumbu yang telah dihaluskan sebelum nya tadi.
Masukkan air dan ayam yang telah dipotong-potong tadi, gunakan api kecil masak hingga ayam benar-benar empuk. Jangan lupa agar terus diaduk agar bumbu dapat meresap dengan baik. Setelah ayam tersebut empuk , angkat kemudian tiriskan terlebih dahulu sebelum digoreng. Kemudian siapkan penggorengan yang telah diisi minyak goreng agak banyak agar ayam bisa terendam sewaktu digoreng. Gunakan api sedang saja. Kemudian goreng ayam yang telah bunda tiriskan tadi, kemudian tiriskan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan rempah-rempah nya.
Kemudian siapkan wadah yang cukup untuk menyajikannya. Masukkan ayam yang telah digoreng tadi kedalam wadah kemudian tambahkan bumbu rempah-rempah nya, campur hingga rata. Demikian Resep Ayam Tangkap Pedas Nikmat Khas Aceh yang sangat terkenal itu.


Kemarin di Aceh, gue makan ayam tangkap di rumah makan Hasan. Disana ada 3 cabang rumah makan Hasan. Gue berkesempatan makan di r.m hasan 2 dan r.m hasan 3. sampe 2x kesana? karena aqila sukaaaa banget sama ayam tangkap hahaha. Jadi biar ganti suasana, kita makan di cabang yang berbeda ;)


pemandangan dari rumah makan Hasan 2


Btw, akhirnya gue juga bawa ayam tangkap ini untuk bekal pulang ke Medan, hahaha.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...