Friday, April 24, 2015

Elsa Dress Birthday Invitation

Hallo hallo hallo :)
Berhubung udah di pertengahan bulan April, yang artinya Insya Allah udah mau bulan mei, dan si kecil udah request dari jauh-jauh hari kalo ulang tahun ke-6 nya tahun ini, mau banget dirayain di sekolah dengan tema Frozen. Setelah sebelumnya, gue mencoba tiga pilihan undangan untuk ulang tahunnya : pilihan 1, pilihan ke 2, dan pilihan ke 3.
Gue memutuskan untuk pakai yang pilihan ke 3. Karena lebih girly dan cutting nya ga begitu sulit, hehe.  Untuk cuttingan pilihan 1 dan 2, sedikit kesulitan disetiap sudut castle nya.


Oke, ngelanjutin undangan ulang tahun untuk aqila, yang beberapa bulan lalu udah gue coba. Akhirnya, gue memutuskan untuk membuat undangan dengan bentuk dress elsa :D
Sebelumnya mohon maaf ya kalau hasilnya ga mirip sama sekali sama dress Elsa :p

Mungkin di postingan sebelumnya udah gue bikin tutorialnya, sekarang gue akan menjelaskan lebih detail. Berhubung dress yang gue bikin ukurannya lebih besar dari uji coba dress gue yang pertama, jadi semoga bermanfaat yaa..

Setelah semua bahan-bahan dan alat siap, yang pertama dilakukan adalah membuat pola dasar dress (sesuaikan aja sama ukuran yang di mau), di awalnya gue menggunkan karton biru muda yang di jual di took buku berupa gulungan, in the end, gue memilih karton biru muda yang sudah berupa potongan sebesar A4 / 200gr. Ini lebih memudahkan dalam pemotongan. Undangan kali ini untuk teman-teman aqila, ga banyak kok cuma 39 pcs.

Kedua yang harus dilakukan adalah, print kata-kata untuk tulisan undangan.  Gue pake ilmu ngira-ngira haha. Berhubung pola dress pun pake ilmu ngira-ngira, jadi ada trial error dulu. Gue ngerjainnya pake Microsoft word aja kok, pake insert shape sajaa. Setelah sesuai ukurannya, silahkan ditempel ke pola dress yang udah ada. Kenapa gue pake kertas pink? Karena kertas hvs pink sisa DIY undangan Aqila yang dua tahun lalu masih ada, haha.. Jadi meminimalis modal ;p di sini kalau mau melihat DIY undangan aqila 2 tahun lalu.

Tahap ketiga adalah siapkan snow flake sebagai kancing dari dress (sebenernya ini bebas aja kok, mau bentuk apa aja) kebetulan gue punya cuttingan bento bentuk snow flake, jadilah ini sebagai hiasan. Gue menyiapkan dua warna kertas berglitter (warna biru dan putih), setelah di cutting, gue tempel bertumpuk snow flake nya (biru di bawah, putih diatas). Siapkan juga pita silver dengan ukuran disesuaikan pola dress nya.


Tahap ke empat, siapkan kain tile warna biru tua. Gue pilih warna biru tua karena biar kontras dengan pola dress yang berwarna biru muda. Gunting kain tile seukuran dengan bawahan dari dress, sesuai keinginan. Untuk ukuran pola dress adalah dari pinggang ke bawah, yaitu 15cm. Jadi untuk tilenya dilebihkan 1-2cm ya, karena bentuknya nanti melingkar akan menaikan panjang tile nya. Ukuran tile gue adalah 35cm x 17cm.

Setelah tile siap, selanjutnya tahap ke lima yaitu tempelkan tile ke pola dress pake apa? Pake strapless. Gue udah coba berbagai cara, pake lem, di jahit ,dan ternyata yang paling efisien adalah pake strapless. Kenapa? Karena gue membuat pola kain tile seperti rok yang mengembang, jadi harus ada sedikit lipatan-lipatan biar hasilnya cantik. Sebelum strapless digunakan, ukur dulu ya jarak dan siluet yang diinginkan. Dan biar hasil akhirnya nanti rapih, tandai pake pensil batas atas dan bawah untuk strapless. (Atau sesuaikan dengan batas pita yang nantinya menutupi bagian strapless tersebut.)
Selesai tile terpasang, tahap ke enam, udah santai banget. Tinggal pasang pita dibagian pinggang (gue pake lem tembak biar ga copot-copot), di lem bagian depan dan belakangnya.

Tahap ke tujuh, tempelkan sepasang bentuk snow flake lagi (biru tumpuk putih) untuk tambahan kancing depan. Kenapa baru gue tempel sekarang? Karena biar jaraknya sesuai. Karena udah ada 1 tumpuk yang tadi, dan di bagian bawahnya sudah ada pita, jadi tinggal sesuaikan jaraknya untuk tumpukan snow flake yang ke dua.

Sampai disini dress elsa bagian depan udah selesai. (Sebagai tambahan biar cantik dikit haha..) Gue membuat pola bunga (atau apapun sesuai keinginan) untuk ditaruh di atas pita silver yang menyilang dibelakang. Ukuran yang gue gunakan adalah 3cm x 3cm. Tutorialnya bisa dilihat di foto ya, Jangan lupa tempel lagi snow flake putih biar warnanya makin menyatu.
tahap ke tiga dan ke empat sama, hanya mau menunjukan posisi lipatan kertas yang di gunting saja
setelah di tempel
hasil akhir tampak belakang

hasil akhir tampak depan

Selesai..
Mudah-mudahan bermanfaaat untuk inspirasi undangan ultah anak :)

2 comments:

  1. Muter2 bingung cari Paket Wisata Karimunjawa Murah atau Paket Backpacker Karimunjawa yang super duper Hemat, atau mungkin cari Paket Honeymoon Karimunjawa di jamin masih bisa nego, Paket Private Couple juga ada kok atau sekedar mau cari Jadwal Kapal, Pesawat dan Tiket Kapal Karimunjawa telp dimari yach 085109333215 melayani 24 Jam

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...